Cara Membuat Website Secara Cepat Dan Ngga Pakai Susah

cara membuat website
Apakah Anda sedang mencari cara yang cepat dan praktis untuk membuat website pertama Anda? Atau, ingin belajar cara membuat website sendiri, namun masih bingung harus mulai dari mana?
Nah, semoga inilah jawabannya.
Membangun sebuah website dari awal bisa menjadi sebuah hal yang menantang, baik bagi pemula maupun yang sudah expert sekalipun.
Anda harus tahu apa tujuannya, dan bagaimana cara membangunnya hingga benar-benar berwujud suatu website yang bisa dilihat dengan nyaman.
Ya, apapun profesi Anda di dunia online, entah itu seorang blogger, affiliate marketer, business owner, atau pegiat toko online sekalipun, website bisa dikatakan sebagai ASET bisnis online Anda.
Kita boleh saja memiliki lapak online di situs jual-beli online atau situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan sebagainya, maupun akun jualan di situs social media (Facebook, Instagram, dll).
Namun apabila kita belum memiliki website sendiri (meskipun itu website sederhana), daya ungkit bisnis dan promosi online kita biasanya kurang optimal.
Mudah-mudahan saja, setelah Anda mengikuti seri tutorial cara membuat website ini, akan membuka mindset yang benar dalam hal pembuatan website dan cara memanfaatkannya. Karena dari hal yang basic inilah semuanya berawal.
Penting, Apa Itu Website?
Sebelum Anda berpikir tentang bagaimana cara menata tampilan website, merubah warna, jenis font, dan lain sebagainya, ada baiknya saya ulas sedikit tentang apa itu website dan elemen-elemen pembentuknya.
Website bisa dikatakan segala sesuatu yang ada di internet. Isi nya bisa berupa konten teks, gambar, suara, video, maupun gabungan dari beberapa jenis konten tersebut.
Dari segi jenis website nya, ada situs blog, situs social media, web personal, web company profile, web toko online, dan lain-lain.
Untuk bisa membuat website, kita juga memerlukan domain dan hosting. Ini adalah elemen pembentuk dari sebuah website yang harus ada.
Nah, untuk memahami apa itu domain dan apa itu hosting, secara mudahnya kita bisa menganalogikan dengan sebuah bangunan rumah.
  • Website = bangunan rumah
  • Hosting = tanah dimana bangunan berdiri
  • Domain = alamat rumah
Hosting Domain
Jadi jelaslah sudah, tanpa ada 3 elemen dasar tersebut, maka mustahil website itu bisa berdiri. Penjelasan lebih lengkap mengenai domain dan hosting juga bisa Anda baca disini:
Jika Anda sudah memahami ini semua, nantinya bisa Anda kembangkan sendiri sesuai kebutuhan.
Baiklah, mari kita mulai …
(NB: klik kalimat bergaris bawah biru untuk membaca isi pembahasan secara lebih mendetil)

#1. Tentukan Nama Domain Dan Hosting

  • Menentukan nama domain yang menarik.
  • Memilih paket hosting yang cocok.
  • Daftar domain dan hosting.

#2. Install WordPress

  • Login ke cPanel hosting.
  • Instal WordPress di hosting.

#3. Setting Website, Install Plugin Dan Themes

  • Atur menu General Setting pada WordPress.
  • Instal plugin standar yang sebaiknya ada pada website WordPress.
  • Atur layout website supaya menarik dengan mengatur themes.
Jika langkah-langkah di atas sudah selesai Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa mulai mengupload konten yang ingin ditampilkan pada website, seperti gambar, artikel, atau profil usaha Anda, kemudian bisa juga membuat halaman statis maupun menerbitkan postingan.
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendownload tutorial singkatnya disini:
  • Panduan cara menggunakan WordPress.
Ya, kurang lebih itu beberapa langkah dasar cara membuat website secara cepat dan praktis.
Apabila Anda lakukan secara berulang, lambat laun Anda akan mulai mendapatkan pemahaman sendiri, dan itu penting untuk keberlangsungan website Anda di masa yang akan datang.
Selamat mencoba! ðŸ™‚

0 comments:

Post a Comment