Pengertian Domain dan Hosting

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia online, pasti sudah sering mendengar kata domain dan hosting, tetapi untuk yang baru mulai menggunakan internet, apakah Anda tahu artinya?
Domain dan hosting adalah dua komponen penting yang ada pada dunia internet. Hampir semua penggiat bisnis online, internet marketing, web developer, blogger dan lain sebagainya pasti sudah sangat akrab dengan dua istilah ini.


Baca juga: Ketahui 4 Poin Penting Perbedaan Antara BRI Simpedes dan BRI Britama Agar Anda Tidak Salah Pilih
Domain secara singkat dapat diartikan sebagai alamat dari suatu website. Sedangkan hosting dapat diartikan sebagai tempat menampung data dari website tersebut.
Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian domain, pengertian hosting, contoh domain, dan contoh hosting.

Pengertian Domain


Arti domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server komputer. Pada awalnya alamat server komputer ini dilambangkan dengan deretan angka yang disebut alamat IP. Namun karena penggunaan alamat IP dirasa kurang praktis maka dibuatlah domain untuk menggantikan deretan alamat IP tersebut.
Fungsi domain yang utama adalah agar pengguna tidak perlu menghafal deretan alamat IP suatu website, melainkan cukup mengetikkan alamat domain website tersebut. Domain saat ini lebih akrab dikenal orang-orang sebagai alamat website atau yang kadang juga disebut sebagai alamat URL.
Di awal penggunaannya, domain hanya bisa dituliskan menggunakan abjad Latin. Namun kini seiring berkembangnya jaman, domain juga bisa dituliskan menggunakan abjad asing.
Nama domain haruslah membentuk sebuah kata dan diakhiri dengan ekstensi. Beberapa contoh populer dari ekstensi tersebut adalah .com, .net, .org.
Ada pula domain yang mewakili asal negara website tersebut seperti .id untuk Indonesia, .uk untuk Inggris dan .us untuk Amerika Serikat.

Pengertian Hosting

Pengertian HostingArti hosting adalah tempat untuk menyimpan data website. Data-data website yang diletakkan pada web hosting harus memiliki koneksi internet agar dapat diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet.
Data yang disimpan dapat berupa gambar, email, dokumen, video, dan website.
Para penyedia jasa hosting akan menyediakan server yang aktif selama 24 jam agar orang-orang dapat berkunjung ke website Anda setiap saat.
Server hosting pada umumnya wajib memiliki koneksi internet dengan kecepatan tinggi karena hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan akses website.

Jenis dan Contoh Domain

Contoh DomainDomain memiliki banyak sekali ekstensi, dan setiap ekstensi memiliki kegunan yang berbeda-beda. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak ada larangan penggunaan nama dan kegunaan domain. Domain name yang telah Anda beli sepenuhnya milik Anda, dan boleh digunakan untuk tujuan apapun.
Beberapa domain disediakan khusus untuk suatu badan (seperti kepemerintahan atau sekolah) dan beberapa lainnya khusus digunakan untuk lembaga-lembaga terdaftar.
Free Domain:
  1. .blogspot.com: digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik Blogger.
  2. .wordpress.com: digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik WordPress.
  3. .blogdetik.com: digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik Blogdetik.
Top Level Domain Generik:
  1. .info: digunakan untuk website yang berisi informasi akan suatu hal.
  2. .com: digunakan untuk website yang berisi hal-hal komersial atau perusahaan.
  3. .edu: digunakan untuk website mengenai pendidikan.
  4. .net: digunakan untuk website yang bergerak dibidang networking.
  5. .biz: digunakan untuk website bisnis.
  6. .org: digunakan untuk website organisasi.
Top Level Domain Sponsor:
  1. .asia: digunakan untuk domain-domain yang berlokasi di Asia.
  2. .aero: digunakan untuk website perusahaan penerbangan.
  3. .gov: digunakan untuk website pemerintahan.
  4. .coop: digunakan untuk website perusahaan kooperasi.
  5. .mil: digunakan untuk website militer.
  6. .mobi: digunakan untuk website yang berhubungan dengan mobile.
  7. .travel: digunakan untuk website biro perjalanan.

Jenis dan Contoh Hosting

Contoh HostingWeb hosting juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, dimana setiap jenisnya memiliki kualitas dan harga yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap.
Free Hosting
Sesuai dengan namanya, penggunaan free hosting tidak dipungut biaya sepeser pun, dan diberikan secara cuma cuma oleh penyedia layanan hosting.
Walaupun gratis, terdapat batasan-batasan yang membuat penggunaannya tidak seoptimal dengan yang berbayar. Tujuannya adalah agar pelanggan dapat mencoba layanan tersebut terlebih dahulu sebelum membayar untuk dapat menggunakannya tanpa batasan (lebih dikenal sebagai sistem free trial).
Free hosting adalah pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin belajar dan memahami tentang kegunaan dan cara menggunakan hosting sebelum memutuskan untuk membeli layanan yang lebih baik.
Shared Hosting
Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah layanan berbagi. Berbagi dalam arti bahwa baik resource ataupun RAM yang ada pada server akan digunakan secara bersama-sama dengan para pengguna lain.
Layanan hosting jenis ini adalah layanan yang paling populer dan banyak digunakan. Harganya yang ekonomis serta kualitas yang cukup memadai menjadi faktor utama alasan orang-orang untuk menggunakan layanan ini.
Layanan shared hosting banyak digunakan oleh orang-orang yang baru membangun website atau blog pribadi dengan pengunjung yang belum cukup ramai.
VPS Hosting
VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. Pada layanan berikut ini, Anda dapat menyewa sebuah server virtual yang hanya akan digunakan oleh satu pengguna saja.
Pada layanan ini, 1 server fisik terdiri dari beberapa VPS yang akan disewakan ke orang-orang.
VPS sangat cocok digunakan oleh pemilik website atau blog dengan pengunjung cukup banyak. Hal ini dikarenakan Anda akan diberikan keleluasan untuk menggunakan semua resource dan RAM yang terdapat pada server virtual tersebut.
Namun diperlukan pengetahuan dan kemampuan teknis yang mumpuni untuk mengelola VPS karena semua kontrol berada di tangan penggunanya.
Dedicated Hosting
Masih sama seperti VPS, dedicated hosting adalah layanan yang digunakan hanya untuk pengguna tunggal. Perbedaannya adalah, Anda akan diberikan sebuah server fisik khusus untuk digunakan Anda seorang. Pada server tersebut Anda bebas menginstall sistem operasi dan control panel. Perubahan dan pengaturan pada server tersebut juga bebas Anda lakukan.
Karena kualitasnya yang bagus, layanan ini tergolong cukup mahal, dan menjadi idaman banyak pemilik website.
Kelebihan yang Anda terima adalah: RAM lebih tinggi, CPU lebih canggih, serta hardisk dengan kapasitas lebih besar. Semua kelebihan tersebut tidak dibagikan ke siapapun, melainkan hanya untuk Anda gunakan sendiri.
Dedicated server umumnya digunakan oleh website-website besar dengan pengunjung banyak.
Masih sama halnya seperti VPS, karena Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas pengelolaan server, maka dibutuhkan pengetahuan mumpuni akan cara pengelolaannya.

Bagi Anda yang memiliki background di bidang informatika, tentunya sangat mudah untuk mencerna artikel ini, tetapi bagi Anda yang tidak mengerti apa-apa tentang informatika, pastinya masih belum jelas.

Mudahnya, domain itu ibarat alamat rumah, free hosting itu ibarat numpang tinggal di rumah seseorang, shared hosting itu ibarat sewa kamar tempat tinggal, vps hosting itu ibarat mempunyai sebuah apartemen, dan dedicated hosting itu ibarat mempunyai sebuah rumah. Sudah lebih jelas kan?
Jadinya urutannya dari yang paling buruk ke yang paling bagus adalah free hosting > shared hosting > vps hosting > dedicated hosting.

Website Penyedia Layanan Domain Dan Hosting Terpercaya
1 . EXABYTES

Demikianlah artikel Pengertian Domain dan Hosting  tutorial--kita.blogspot.co.id, silahkan bertanya pada kotak komentar di bawah ini jika Anda mempunyai pertanyaan seputar pengertian domain dan hosting.

0 comments:

Post a Comment